LAN (Local Area Network)







sore guyss...ketemu lagi ama gua Iwan ST yg caem :v
lama ga posting yah??mesti pada kangen ama ane :D
kali ini gua di kasih tugas sma guru ane yang paling cntik yaitu bu Muti...hihihi ampun
langsung aja ke topik kita yaitu apa sih LAN???apa fungsingnya??kekurangan kelebihannya apa sh??
Cekidott...........



A. Pengertian LAN

Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

B. Fungsi LAN

FUNGSI LAN : Dipergunakan untuk untuk menghubungkan komputer-komputer untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

C. Kelebihan dan Kekurangan LAN
Beberapa Kelebihan LAN:

* keamanan lebih terjamin karena penggunaan IP lokal jaringan hanya sampai sebatas switch dan selanjutnya router akan menghubungkan dengan IP publik.
* Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
* Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk
* Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi
* Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
* Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem
* Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem conect one by one
* Memungkinkan komunikasi melalui e-mail
* Adanya pembakuan user interface
* Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password
* Copy data antar PC menjadi lebih cepat

Beberapa Kekurangan LAN :
* Speed modem lambat. Semakin banyak PC semakin lemot koneksi internetnya.
* Instrumentasi tidak sederhana
* Ada kemungkinan password dapat ditembus
* Perlu pengendali pemakain software
* Software harus dirancang untuk multi user
* Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
* Jika salah satu PC terkena virus, maka PC yang lain ikut tertular.





*Ya Sekian dari saya bila ada kesalahan saya minta maaf yang sekecil2nya ....hehe
silakan mbok ada yg ditanyakan masalah komputer bisa tanya di fb saya Iwan Setiawan


oke gby :v


Title : LAN (Local Area Network)
Description : sore guyss...ketemu lagi ama gua Iwan ST yg caem :v lama ga posting yah??mesti pada kangen ama ane :D kali ini gua di kasih tugas sma guru...

0 Response to " LAN (Local Area Network) "

Post a Comment


Thanks udh visit my blog ya,,dateng lagi kalo ada pertanyaan silakan kirim ke fb gua di https://www.facebook.com/iwansetiajunicaph ..oke babay.. :)