PENGAMALAN PERILAKU BERBUSANA MUSLIM SESUAI SYARI’AT ISLAM




Saat ini, banyak ditemukan wanita berjilbab di sekitar kita. Tapi, banyak juga wanita berjilbab yang belum tahu gimana seharusnya berpakaian menurut syariat. Masih banyak wanita berjilbab yang aku liat masih pake baju ketat, sehingga body-nya terliat jelas. Tapi yang paling banyak saya temukan adalah, wanita berjilbab yang make skinny jeans atau celana pensil super ketat. Sehingga meskipun tertutup tetapi teteup aja bikin mata cowok-cowok keranjang lirik – lirik. Belum lagi legging. Mode emank berpengaruh besar terhadap anak – anak muda zaman sekarang. Kalo ga ikutin mode, maka bakalan dibilang kuperlah, ga gaul lah, dll. 
                Dalam buku yang berjudul “ Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah fi Al kitabi Was Sunnati karya  Syaikh Muh. Nashiruddin Al Albani disebutkan tentang delapan syarat pakaian muslim dan muslimat. Syarat – syarat tersebut, yaitu :
a.       Menutup seluruh badan selain yang dikecualikan (wanita : seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan)
F       Q.S. An Nur : 31
b.       Bukan berfungsi sebagai perhiasan
F       Q.S. Ahzab : 33
c.        Kainnya harus tebal / tidak tipis
F       H.R. Abu Dawud
d.       Harus longgar dan tidak ketat, sehingga tidak menggambarkan sesuatu dari tubuhnya.
F       H.R. Al Baihaqi, Ahmad, Abu Dawud, dan Ad Dhiya
e.       Tidak diberi wewangian atau parfum (wanita)
f.         Tidak menyerupai laki-laki atau sebaliknya.
g.       Tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
h.       Bukan li bas syurah (pakaian popularitas atau untuk meraih gengsi di tengah orang banyak).

Islam mengidentikkan pakaian bagi manusia berfungsi sebagai pelindung, yaitu melindungi dari berbagai bahaya yang mungkin muncul sebaliknya, bangsa Barat mengidentikkan pakaian sebagai mode atau trend yang justru harus bisa merangsang lawan jenisnya. Bahkan, mereka berprinsip bahwa keindahan tubuh adalah anugerah, mengapa harus ditutup – tutupi. Jika pendapat di atas digabungkan, jelas angat kontras. Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata munculnya pakaian yang tidak islami adalah sebagai akibat dari infiltrasi atau perembesan budaya pakaian barat terhadap kaum muslimin. Untuk itu sebagai seorang muslim berkewajiban memakai pakaian yang memenuhi syarat syariah. Tujuan berpakaian menurut islam yaitu :
        Menutup aurat dan sebagai perhiasan ( Q.S. Al A’raf: 26 )
        Memelihara diri dari panas matahari dan bahaya lain ( Q.S. An Nahl: 81)
        Beribadah kepada Allah swt. ( Q.S. Al A’raf: 31 )
        Menghindari godaan syetan ( Q.S. Al A’raf: 27 )
        Dikenal sebagai muslimah dan terhindar dari gangguan ( Q.s. Al Ahzab: 59 )
        Untuk memperoleh ridha Allah.


Title : PENGAMALAN PERILAKU BERBUSANA MUSLIM SESUAI SYARI’AT ISLAM
Description : Saat ini, banyak ditemukan wanita berjilbab di sekitar kita. Tapi, banyak juga wanita berjilbab yang belum tahu gimana seharusnya ...

0 Response to " PENGAMALAN PERILAKU BERBUSANA MUSLIM SESUAI SYARI’AT ISLAM "

Post a Comment


Thanks udh visit my blog ya,,dateng lagi kalo ada pertanyaan silakan kirim ke fb gua di https://www.facebook.com/iwansetiajunicaph ..oke babay.. :)