Rahasia Pintar Komputer / menjadi Programer


Anda pernah melihat seseorang yang pintar utak-atik komputer? Mungkin salah satu teman Anda? Komputer error, terkena virus, installasi suatu program, dan berbagai masalah lain bisa mereka atasi sendiri. Mereka jarang sekali ke tukang servis. Anda ingin seperti itu? Bisa mengatasi banyak masalah komputer?

Jika ya, jangan hanya tahu pakai
Anda harus berhenti menjadi pengguna komputer awam. Berhentilah menjadi orang yang hanya tahu menggunakan komputer. Anda harus mulai mencoba mengatasi masalah Anda sendiri. Jangan panik ketika komputer Anda menunjukkan tanda-tanda tidak beres.
Lalu bagaimana caranya? Dari mana Anda harus belajar?

Belajarlah Sesuai dengan kebutuhan
Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya. Saya tadinya adalah seorang yang gaptek, sering tidak sengaja merusakkan komputer, pokoknya cupu lah kalau tentang komputer.
Awal mula saya jadi tidak gaptek lagi adalah ketika gagal install game. Saat itu saya jengkel juga. Tapi kemudian saya cari solusinya di internet, dan ketemu. Game pun berhasil diinstall.
Berikutnya, laptop saya jadi lemot. Saat itu muncul pertanyaan tentang cara mengatasi komputer lemot. Saya cari lagi di internet. Ketemu. Dan saya terapkan langkah-langkah tersebut. Laptop saya jadi tidak lemot lagi.
Kemudian saya ingin bermain game seperti di game center. Saya mencoba mencari cara menghubungkan komputer. Ketemu. Akhirnya saya bisa bermain game dengan teman-teman saya.
Di waktu-waktu selanjutnya, hingga sekarang, apabila saya menghadapi masalah komputer, saya coba cari solusinya di internet dulu. Saya berpikir,”sebisa mungkin ini saya atasi sendiri. Kalau sudah tidak bisa apa-apa, baru ke tukang servis”
Jadi dari manakah Anda harus belajar komputer? Jawabannya, sesuaikan kebutuhan. Anda tidak bisa belajar semuanya. Jika Anda memaksa mempelajari semuanya sekaligus, akan banyak hal-hal yang Anda lupakan.
Lain hal-nya jika belajar sedikit-sedikit. Dan pelajaran yang Anda dapatkan akan lebih membekas di ingatan karena pelajaran tersebut Anda dapatkan dari masalah yang pernah dihadapi. Percayalah. Pengalaman adalah guru terbaik.

Lalu di mana Anda harus mencari informasi?
Jawabannya sederhana. Tanyalah pada Mbah Google. Hehe… Pergilan ke Google (google.com). Google adalah sebuah mesin pencari internet.
Ketikkan apa saja yang hendak Anda cari tahu, tekan enter, dan Google akan menampilkan daftar website yang memuat informasi tersebut.
Misalnya saja, Anda ingin tahu cara mengatasi komputer lemot. Ketikkan saja “cara mengatasi komputer lemot”. Google akan memberikan daftar situs yang menawarkan berbagai solusi komputer lemot. Klik lah salah satunya. Baca informasi yang Anda.
Di beberapa website Anda juga dapat bertanya pada si empunya website. Atau jika Anda masuk ke website yang berbentuk forum, silakan bertanya di sana. Di sana akan ada banyak orang yang akan menjawab pertanyaan Anda.

Sering-seringlah berbagi ilmu
Berbagi ilmu akan membuat ilmu tersebut makin melekat di ingatan Anda. Contohnya, ketika pertama kali mengetahui cara menghubungkan dua buah komputer, di lain waktu ketika saya membutuhkan cara tersebut, saya sulit mengingatnya.
Tapi makin lama saya makin sering dimintai bantuan menghubungkan dua buah komputer. Akhirnya cara yang saya pelajari itu dengan mudah saya ingat. Bahkan seperti sudah diluar kepala. Tidak butuh waktu banyak untuk melakukannya.
Berbagilah. Maka ilmu yang Anda miliki akan semakin Anda kuasai.

Kesimpulan
Jadi, bagaimana caranya agar tidak gaptek? Pintar komputer? Bisa mengatasi problem sendiri?
Sederhana, belajarlah atasi masalah sendiri, belajarlah yang sesuai dengan kebutuhan saat itu, dan sering-seringlah berbagi ilmu. Dari mana Anda harus mencari informasi tentang masalah Anda? Gunakan saja internet. Jadikan Google sahabat Anda ketika berselancar di internet. Tanyalah apa saja padanya.
Satu lagi tips dari saya, ketika menemui instruksi yang rumit di internet, janganlah cepat menyerah dan berkata,”ahhh… saya tidak bisa…” atau “ahhh.. otak saya tidak mampu”. Jika terus-terusan demikian, kapan bisanya? Ketika menghadapi masalah komputer, seterusnya Anda akan tergantung pada orang lain.
Saya rasa inilah rahasia orang atau teman Anda yang mendapat sebutan “pintar komputer”. Jika ditanya bagaimana mereka bisa seperti itu, saya rasa tidak ada tips-tips khusus. Hanya belajar dari pengalaman, dan membagikan apa yang dipelajari. Itu yang saya lakukan untuk menjadi seorang Programer dan Dsainer.

sekian tips dari saya, nantikan tips lainnya. Kalo ada yang ingin ditanyaakan soal dunia pemrograman,dsainer, tinggal hubungi saya saja di :

twitter :iwan setiawan
email : Iwansetiawan.armada@gmail.com

sampai jumpa :)




Title : Rahasia Pintar Komputer / menjadi Programer
Description : Anda pernah melihat seseorang yang pintar utak-atik komputer? Mungkin salah satu teman Anda? Komputer error, terkena virus, installasi s...

0 Response to " Rahasia Pintar Komputer / menjadi Programer "

Post a Comment


Thanks udh visit my blog ya,,dateng lagi kalo ada pertanyaan silakan kirim ke fb gua di https://www.facebook.com/iwansetiajunicaph ..oke babay.. :)